Sabtu, 03 November 2012

Indonesiaku

Indonesia! menurut gue Indonesia merupakan negeri yang patut dibanggakan. Bagaimana tidak, Indonesia punya banyak rakyat yang bisa bersatu di bawah naungan NKRI, bersemboyan Bhinneka Tungal Ika, di bawah naungan merah putih. Istimewanya, bangsa Indonesia mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Dari Sabang sampai Merauke, ada banyak suku dan kebudayaan yang hidup saling berdampingan, bersatu. Tentu aja bukan hal yang mudah buat mempersatukan berbagai suku dari berbagai pulau di Negeri ini. Memang dilihat dari latar belakangnya, kesamaan nasib lah yang mempersatukan bangsa Indonesia. Beruntung lah kita punya para pahlawan dan proklamator yang memiliki keinginan luhur mempersatukan tanah air.


Bagaimana tidak, jumlah pulau yang ada di Indonesia lebih dari 13.000 pulau, tersebar bagai untaian perhiasan. Kepulauan di Indonesia sangat khas terlihat di peta dunia. Penduduknya dari berbagai suku yang memiliki bahasa, budaya, agama, dan ciri khas yang berbeda. Belum lagi kekayaan yang dimiliki. Kekayaan alamnya, peninggalan yang bersejarah, keindahan pariwisata, aneka macam tumbuhan dan hewan. Kekayaan sumber daya manusia yang unggul: banyak orang pintar di Indonesia yang diakui dunia, banyak anak Indonesia yang menang olimpiade internasional. Banyak sekali kekayaan yang ada di Indonesia!

Tapi miris, masih banyak bentrok antar warga di berbagai daerah. Contohnya di Makassar, di Lampung Selatan. Banyak kekayaan alam Indonesia tidak termanfaatkan dengan maksimalkan. Kelangkaan bahan bakar minyak, impor bahan makanan. Amanat undang-undang tanah, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya digunakan untuk kesejahteraan rakyat belum sepenuhnya terlaksana. Malah banyak orang pintar Indonesia berkontribusi untuk negara lain. Ironis. Belum lagi kejahatan di mana-mana, korupsi merajalela. Huh, jangan sampai burung garuda berpaling ke kiri atau malah geleng-geleng kepala.

Masih banyak yang harus dibenahi, dimulai dari diri sendiri. Lanjutkan perjuangan para pejuang. Ciptakan masa depan bagi generasi penerus.
Bangkit bersatu Indonesiaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar