Rabu, 31 Oktober 2012

Berbicara Tentang Mimpi

Mimpi, semua orang berhak buat bermimpi. Tapi gak semua orang berhasil membuat mimpinya menjadi kenyataan. Gue juga punya mimpi. Mimpi yang sampe sekarang gak bisa kesampean kayak lahir sebagai anak presiden. Ada juga mimpi yang gak kesampean karena gue emang gak lagi berkeinginan untuk memimpikannya. Contohnya dulu gue pengen kuliah perminyakan terus gawe di timur tengah dengan gaji yang besar. Tapi sekarang gak lagi. Karena gue cinta Indonesia (yeah, boleh bilang 'wow!').

Maksud gue, mimpi itu sendiri bisa aja berubah menyesuaikan dengan keadaan maupun kondisi lingkungan. Seseorang boleh bercita-cita, berusaha buat dapetin cita-citanya, tapi tetep Tuhan yang menentukan. Tuhan tau apa yang terbaik buat hamba-Nya. Seperti saat ini, gue mulai bisa membaca arah minat dan kemampuan yang gue punya. Kalo dulu waktu masuk kuliah gue belum ngebayangin bakal kayak gimana kalo udah lulus kuliah, sekarang gue mulai membayangkan ke depannya gue bakal gimana. Mungkin bayangan angan-angan itu yang saat ini pantas gue sebut mimpi.

bismiLlahiRrahmaniRrahim

Gue pengen ngejalanin kuliah Psikologi dengan sungguh-sungguh, konsisten sampe lulus nanti. Gue pengen skripsi gue jadi masterpiece yang berguna buat tempat gawe gue maupun buat masyarakat luas. Setelah gue memberikan sumbangsih buat perusahaan dan masyarakat, gue pengen ngelanjutin kuliah S2. Pengennya sih dikuliahin sama perusahaan, di Universitas Indonesia (gak mesti di UI sih, tapi utamakan negeri). Gue pengen ngambil Manajemen Pendidikan, atau Psikologi Pendidkan, atau Psikologi Perkembangan. Selanjutnya gue pengen terus kerja di perusahaan tempat gue kerja sekarang, tapi sambil ngajar. Jadi dosen di  Jurusan Psikologi Universitas Sriwijaya.

Kenapa harus ngajar di Unsri?

Gue pengen tetep kerja di tempat kerja yang sekarang, kalo bisa di Satuan Pengawasan Intern (karena menurut gue, ini cocok buat gue). Tapi gue juga pengen punya kegiatan (dan penghasilan) 'sampingan' dari ngajar di perguruan tinggi. Intinya gue pengen mengabdi di perusahaan dan di perguruan tinggi. Seperti motto Unsri: Ilmu Alat Pengabdian. Terlebih lagi gue menemukan kesenangan tersendiri ketika gue bisa berbagi ilmu ataupun berbagi pengalaman dengan orang lain. Gue pengennya ngajar di Unsri karena gak terlalu jauh dari perusahaan tempat gue bekerja.

Yah, sekali lagi, manusia bermimpi dan berusaha, Tuhan yang menentukan. Gue gak berhak memaksakan kehendak dari tangan Tuhan Yang Maha Kuasa. Gue hanya mampu bermimpi dan berusaha, sambil berdoa: Semoga gue diberikan pilihan yang terbaik.

Amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar